Surat Edaran Menteri Desa dan Harapan Desa Ditengah Pandemi

Surat Edaran  Menteri Desa  dan Harapan Desa Ditengah Pandemi

Oleh: Lendy Wibowo

Surat edaran Menteri Desa PDTT RI memberikan peluang bagi Desa guna mengambil manfaat lebih besar dari DD untuk pencegahan covid sekaligus memberikan pendapatan bagi keluarga keluarga yg paling membutuhkan pada masa pandemi sekarang.

Desa tentu punya ruang untuk membahas dan mendiskusikan kegiatan kegiatan apa saja yg bisa memaksimalkan manfaat DD melalui skema padat karya tunai. Ketika padat karya tunai tidak hanya dipahami sebagai  kegiatan prasarana fisik maka kegiatan yg dikembangkan Desa bersifat create job bagi keluarga keluarga di Desa yang mampu mengerjakan dan butuh. 

Desa perlu mengorganisir para pihak dan kegiatan termasuk melalui Bumdes, kelompok usaha, keluarga pengrajin, maupun tenaga kerja yg membutuhkan pekerjaan pekerjaan di desa dan memperoleh penghasilan atau pendapatan. Misal kita bicara satu kegiatan, pengadaan masker masyarakat oleh Desa, yang tentu menciptakan rantai usaha melibatkan para pihak, belum lagi kegiatan lain. 

Terkait keterlibatan Bumdes, tentu mempertimbangkan kondisi Desa masing-masing. Bumdes diharapkan dapat terlibat lebih banyak pada kegiatan yg mendorong gotong royong berusaha melalui kemampuan mengorganisir rumah tangga dan kelompok masyarakat di Desa yang terlibat pada kegiatan-kegiatan ini. Selain mengorganisir gotong royong berusaha, Bumdes dapat memetik manfaat berupa hasil usaha yg meningkat karena menjadi bagian rantai nilai dari usaha atau kegiatan ini.

Kalau Bumdes belum ada atau belum mampu, tentu tugas ini dilakukan secara langsung oleh Pemerintah Desa melibatkan para pihak. Hal ini juga terkait tata kelola kegiatan dan tujuan kebijakan. Bagaimana agar DD yang masih ada terserap dengan cepat pada kegiatan yg punya kaitan dengan pencegahan covid dan memberikan pendapatan serta penghasilan keluarga perdesaan lebih luas. Sedangkan secara makro kebijakan ini diharapkan meningkatkan konsumsi rumah tangga di desa-desa dan memastikan terjadi perputaran ekonomi di desa lebih besar, tegas Tenaga Ahli  Utama Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa ini mengakhiri. 
​​​​​

29 Sepember 2021 | 17:47 WIB : Program Pengembangan Desa Mitra, UNP Kembali Laksanakan Pelatihan di Pinjaik Patah Panampuang. 21 Juli 2021 | 10:28 WIB : Tahun ini, BKAN Kecamatan Ampek Angkek Kembali Fasilitasi Ibadah Qurban. 27 Juni 2021 | 06:16 WIB : Kembangkan Nagari Seni Budaya, Tim PPDM UNP Padang adakan Pelatihan Sulaman di Pinjaik Patah. 10 Juni 2021 | 18:27 WIB : Desa Mitra, UNP Padang Laksanakan Pelatihan AMT bagi Pengurus dan Pengelola BUMNag Nagari Panampuang. 11 Mei 2021 | 15:25 WIB : Jelang Lebaran, Ketua SPDN Sumbar Khairul Anwar Tan Rajo Berikan Bantuan ke Nagari Nagari..